Pengaruh strategi pembelajaran heuristik vee terhadap kemampuan koneksi matematik siswa di SMP 3 Tangerang
Main Author: | Saiful Akbar |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran heuristik vee terhadap kemampuan koneksi matematik siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Tangerang, Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain randomized control group post test only design. Subyek penelitian ini adalah 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa kelompok eksperimen dan 40 siswa kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling pada siswa kelas VIII. Kemampuan koneksi matematik siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran heuristik vee lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran heuristik vee sebesar 68,30 dan nilai rata-rata hasil tes kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional sebesar 61,50 (thitung = 2,37 dan ttabel = 1,66). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika pada pokok bahasan pythagoras dengan menggunakan strategi pembelajaran heuristik vee berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan koneksi matematik siswa dibandingkan yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional