Penggunaan bahan ajar berbasis pendekatan inquiry untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi peluang kelas XI (penelitian tindakan kelas di MA Jabal Nur Tangerang)
Main Author: | Irma Sulistianingsih |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui bagaimana penggunaan bahan ajar berbasis pendekatan inquiry dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas XI IPA pada materi peluang, 2) Mengetahui bagaimana aktivitas siswa dalam belajar matematika dengan bahan bahan ajar berbasis pendekatan inquiry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan melibatkan siswa kelas XI IPA I di MA Jabal Nur dengan jumlah 27 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober - November 2013. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan ajar berbasis pendekatan inquiry yang dikembangkan oleh peneliti, soal tes kemampuan penalaran matematik, lembar observasi aktivitas belajar siswa, jurnal harian, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa bahan ajar berbasis pendekatan inquiry dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Sebagian siswa harus mencapai nilai indikator keberhasilan pada tiap siklus. Nilai KKM untuk mata pelajaran matematika adalah 70. Nilai rata-rata tes pada siklus I adalah 59,64. Nilai rata-rata pada siklus II adalah 70,68. Selain itu, pada siklus I aktivitas siswa dalam menggunakan bahan ajar memperoleh 51,87% dan pada siklus II aktivitas siswa dalam menggunakan bahan ajar sebesar 65,62%. Sebagai tambahan bahwa penggunaan bahan ajar mendapat respon positif dari siswa. Kesimpulannya bahwa penggunaan bahan ajar inquiry dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa