Pengaruh pendekatan pemecahan masalah terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa: Penelitian quasi eksperimen di kelas VIII MTs Darul Hikmah Pamulang
Main Author: | Muliahadi Tumanggor |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Pemecahan Masalah terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Penelitian dilakukan di MTs Daarul Hikmah Pamulang Barat pada siswa kelas VIII tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian two group randomized subject post test only. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu memilih dua kelas secara acak dari 8 kelas. Sampel penelitian pada kelas eksperimen berjumlah 38 siswa yaitu pada kelas VIII E dengan menggunakan pendekatan Pemecahan Masalah. Sampel pada kelas kontrol berjumlah 37 siswa yaitu pada kelas VIII F dengan menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan analisis dengan uji t, diperoleh nilai thitung yaitu sebesar 3,81 lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel dengan derajat kebebasan (dk) = 73 dan taraf signifikansi (?) = 0,05 yaitu sebesar 1,99 (3,81 > 1,99), maka ditolak dan diterima, yang artinya rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan Pemecahan Masalah lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penerapan pendekatan Pemecahan Masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa.