Pengaruh multimedia interaktif game berbasis flash terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem periodik unsur�. penelitian kuasi eksperimen di kelas X SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan
Main Author: | Intan Balqis |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif game terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran kimia pada materi sifat-sifat keperiodikan unsur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% nilai thitung sebesar 4,047 lebih besar dari ttabel sebesar 1,998 sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh multimedia interaktif game terhadap keterampilan berpikir kritis siswa diterima. Dengan demikian, pembelajaran kimia yang menggunakan multimedia interaktif game dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan perolehan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,33 yang berarti peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa tergolong sedang.