Analisis keterampilan berpikir kritis siswa dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Main Author: | Istiqomah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan memberikan informasi mengenai pencapaian keterampilan berpikir kritis siswa kelas dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa kelas XI IPA di salah satu MA Negeri di kota Tangerang Selatan yang dikelompokkam ke dalam kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Data penelitian diperoleh dari jawaban siswa terhadap lembar kerja siswa (LKS), tes tertulis, dan wawancara. Pada penelitian ini pencapaian keterampilan berpikir kritis siswa difokuskan pada tujuh indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian keterampilan berpikir kritis siswa untuk siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah secara berturut-turut pada indikator mengobservasi dan mempertimbangkan hasil observasi yaitu 80%, 75% dan 66,67%. Pada indikator mempertimbangkan kredibilitas suatu sumber yaitu, 80%, 73,68% dan 83,33%. Pada indikator membuat induksi dan mempertimbangkan hasil induksi yaitu, 76,67%, 64,91% dan 77,78%. Pada indikator menganalisis argumen, 80%, 71,05%, dan 45,83%. Pada indikator bertanya dan menjawab pertanyaan klarifikasi dan pertanyaan menantang yaitu 90%, 86,84% dan 83,33%. Pada indikator memfokuskan pertanyaan yaitu, 70%, 76,3% dan 62,60%. Pada indikator memutuskan suatu tindakan yaitu 80%, 72,81% dan 75%. Dan pencapaian keterampilan berpikir kritis pada setiap indikator untuk seluruh siswa termasuk kriteria baik (74,85%)