Pengaruh penggunaan LKS Eksperimen berbasis konstruktivisme terhadap hasil belajar siswa

Main Author: Halimah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS eksperimen berbasis konstruktivisme terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan laju reaksi. Penelitian ini dilakukan bulan Oktober 2012 di SMAN 90 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa tes uraian. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan pada rata-rata post test didapatkan = > = 1,6646 maka H0 ditolak. Karena bila thitung lebih kecil atau sama dengan dari ttabel, maka H0 diterima. Maka dapat disimpulkan hasil belajar kimia siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan LKS eksperimen dengan pendekatan konstruktivisme lebih baik dari pada hasil belajar kimia siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan LKS yang terdapat dalam buku. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan LKS eksperimen berbasis konstruktivisme berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada konsep laju reaksi