Upaya meningkatkan hasil belajar kimia siswa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered head together)

Main Author: AIDA, Nurul
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT pada konsep redoks. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2011 yang bertempat di SMA Imtek Pagedangan-Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan sampel berjumlah 30 siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif model NHT. penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat kegiatan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah tes hasil belajar, lembar observasi dan catatan lapangan serta hasil wawancara guru dan siswa yang terlibat dalam penelitian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep redoks. Rata-rata pencapaian hasil belajar siswa setiap siklusnya yaitu 71,3 pada siklus I dan 79,6 pada siklus II