Pengaruh penerapan metode ceramah bervariasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMK Al-Hidayah Lestari

Main Author: Sri Sutarsih
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • pola interaksi belajar-mengajar antara guru dengan siswa berjalan secara dinamis. Metode ceramah bervariasi adalah metode mengajar yang dalam pelaksanaannya menuntut banyak keterlibatan/kreatifitas siswa. Siswa dituntut aktif baik bertanya kepada guru maupun berdiskusi dengan teman-temannya. Dalam interaksi belajar mengajar setiap siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapat serta memecahkan masalah secara bersama-sama dalam bentuk diskusi. Dalam diskusi terlihat kemampuan intelektual siswa baik secara individu maupun dalam kerjasama. Dengan demikian pada diri siswa timbul rasa kemampuan pada diri sendiri, karena merasa mendapat penghargaan baik dari teman-temannya maupun dari guru. Pada akhirnya siswa lebih giat dalam mengajar Dalam metode ceramah bervariasi guru dapat berperan sebagi pembimbing, dan mengarahkan siswa. Kelebihan ceramah bervariasi guru dapat melihat mana siswa yang pandai, sedang dan kurang. Dengan demikian guru merasa mendapat umpan balik (Feed back), sehingga dapat memperbaiki kelemahan-kelemahannya. Disamping kelebihan yang ada, metode ceramah bervariasi mempunyai kelemahan, yaitu : sulit mengatur alokasi waktu dan minat siswa yang berbeda terhadap materi.