Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di MTs Nuurul Bayan Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi
Main Author: | Muhammad Faishal Ramdhan |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di MTs Nuurul Bayan Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nuurul Bayan sejumlah 112 siswa. Dalam penelitian ini, penentuan sampel berdasarkan tabel taraf kesalahan dengan tingkat 1%, 5%, dan 10% yang dikembangkan dari Isaac dan Michael sehingga berjumlah 84 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengungkap variabel Persepsi Siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas, wawancara yang dilakukan terhadap guru bidang studi IPS digunakan untuk memperkuat dan membandingkan metode angket dalam mengetahui jawaban siswa mengenai Persepsi Siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas yang sesuai dengan kondisi sesungguhnya, dan metode dokumentasi untuk mengungkap data Hasil Belajar IPS. Uji validitas instrumen menggunakan teknik corrected item ? total correlation, dan uji reliabilitas mengunakan rumus Alpha Cronbach?s dengan jumlah responden N=84 pada kelas VIII MTs Nuurul Bayan Kalapanunggal. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji liniearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan mengenai Persepsi Siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di MTs Nuurul Bayan Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi, dengan = 0,597; r2xy = 0,356 dan thitung sebesar 6,735 lebih besar dari ttabel sebesar 1,663 dengan signifikansi sebesar 0,000.