Perbedaan hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan metode pembelajaran TTW (Think Talk Write) dan model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) di SMA Nusa Putra Tangerang

Main Author: Maualana Sulthan Amsyirvan
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write dengan metode pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) di SMA Nusa Putra Tangerang. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan membuktikan ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write dengan metode pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu cara melakukan penelitian dengan percobaan. Metode ini digunakan untuk menelaah adanya perbedaan hasil belajar Ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write dengan metode pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching). Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas X.1 dan Kelas X.2 SMA Nusa Putra Tangerang. Kelas X.1 terdiri dari 43 siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write dan kelas X.2 terdiri dari 45 siswa menggunakan metode pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching). Instrument yang digunakan adalah tes. Teknik analisa data menggunakan metode statistik Uji ?t? (uji beda), untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan konsultasi tabel distribusi ?t? pada taraf siginifikansi 5%. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa 1) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar Ekonomi yang siginifikan dengan menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write dan pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) dengan diperoleh thitung < ttabel yaitu 0,365 < 1,66.; 2) Perbedaan hasil belajar Ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) dapat terlihat dari mean gainnya sebesar 16,67 lebih baik daripada mean Gain kelompok yang menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) yaitu 12,96. Dengan demikian nampak bahwa hasil belajar Ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write (TTW).