Penerapan strategi master (mind, acquire, search out, trigger, exhibit, reflect) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII A MTs Al-Muawanah Curug-Tangerang (Penelitian Tindakan Kelas Di MTs Al-Muawanah Curug -Tangerang)

Main Author: Suhaebatul Milat
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan strategi MASTER dapat meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu peserta didik di MTs Al-Muawanah Curug-Tangerang. Strategi ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus akan dihentikan ketika indikator keberhasilan telah tercapai. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar, lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik, wawancara guru dan peserta didik, dan catatan lapangan. Adapun indikator keberhasilannya yang dicapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 70, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi MASTER dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Terpadu. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II, pada siklus I hasil pretest mencapai rata-rata 26,95 dan hasil posttest 54,63 serta N-Gain 0,38. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yaitu dapat dilihat dari rata-rata pretest 57,10 dan posttest 80,59 serta N-Gain 0,66. Hasil penelitian ini dapat simpulkan bahwa dengan penerapan strategi MASTER dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Al-Muawanah Curug-Tangerang