Analisis sosiometri terhadap interaksi sosial dalam upaya PENINGKATAN PRESTASI belajar sosiologi di SMA Negeri 1 Parung
Main Author: | Dina Noviyanti Rahayu |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah interaksi sosial dalam upaya peningkatan prestasi belajar sosiologi di SMA Negeri 1 Parung.Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui gambaran interaksi social antar siswa dalam upaya peningkatan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parung. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis yaitu gambaran tentang suatu kelompok orang tertentu atau gambaran tentang suatu gejala atau hubungan antara dua gejala atau lebih, metode ini digunakan untuk menelaah bagaimana gambaran interaksi sosial antar siswa dalam upaya peningkatan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parung.Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Parung,peneliti mengambil 60 orang siswa sebagai sampel penelitian. Instrument yang dipakai adalah angket, pedoman wawancara, dan pedoman observasi.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis secara kualitatif yang dinamakan deskriptif analisis yaitu menggambarkan apa adanya, dengan membuat table frekuensi kemudian dilengkapi dengan persentase. Hasil penelitianini menunjukan bahwa terdapat siswa di sekolah yang kurangdapat menyesuaikan diri dengan teman-temannya, melalui hasil wawancara dan menyebarkan angket kepada 60 siswa yang menjadi responden, menunjukan bahwa interaksi sosial terjadi karena sosialisasi tidak bias bergaul, suka menyendiri, jarang berkomunikasi, pendiam. Terlihat dari banyak faktor yang menyebabkan siswa tidak menyesuaikan diri dengan kehidupan sekolah, antara lain dengan factor dirinya sendiri, factor keluarganya, dan factor lingkungannya