Persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS tentang efektivitas Praktek Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) tahun akademik 2011/2012
Main Author: | Umi Shokhiyah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS tentang efektivitas Praktek Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) tahun akademik 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli sampai dengan Oktober 2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan IPS yang telah mengikuti Praktek Profesi Keguruan Terpadu tahun akademik 2011/2012, adapun jumlah mahasiswa yang menjadi sampel sebanyak 33 orang, sampel pada penelitian ini peneliti ambil 25% dari 131 mahasiswa, pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random Sampling). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, yaitu memberikan gambaran tentang persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS tentang efektivitas Praktek Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) tahun akademik 2011/2012. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa tehnik di antaranya yaitu wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Wawancara diajukan kepada kepala laboratorium FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan kepada mahasiswa Program Studi pendidikan IPS yang telah mengikuti PPKT tahun akademik 2011/2012. Sedangkan angket yang peneliti buat adalah angket tertutup sebanyak 24 item yang berbentuk pertanyaan yang harus dijawab oleh mahasiswa. Studi dokumentasi diperoleh dari dokumen penilaian kegiatan selama PPKT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS tentang efektivitas Praktek Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) tahun akademik 2011/2012 dipersepsikan sangat efektif. Hal ini ditunjukkan oleh keempat indikator pelaksanaan PPKT yang sangat penting dan mendukung meningkatnya kegiatan PPKT, yakni dengan skor rata-rata 81,52% (kategori sangat efektif). Meskipun demikian penulis memberikan saran kepada pihak laboratorium FITU UIN Syarif Hidayatullah Jakarta agar lebih meningkatkan kualitas kegiatan PPKT, untuk para dosen pembimbing penulis memberikan saran agar dosen pembimbing meningkatkan intensitas kunjungan kesekolah/madrasah tempat mahasiswa melaksanakan PPKT. Sedangkan untuk para peserta PPKT yang akan datang agar lebih mematuhi tata tertib yang telah ditetapkan dari pihak laboratorium FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan berusaha menjadi tenaga pengajar yang profesional