Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pembelajaran berbasis masalah) terhadap hasil belajar IPS Siswa: Pre eksperimen di kelas VIII MTs Al-Layyinah Tangerang

Main Author: Wiwin Winarsih
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan suatu kegatan yang universal dalam kehidupan. Pendidikan dapat dilakukan melalui proses kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar tersebut harus melibatkan siswa secara aktif bukan hanya berpusat pada guru (teacher centered). Dengan demikian, dalam proses belajar mengajar dibutuhkan suatu metode pembelajaran, salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajarn pembelajaran berbasis masalah (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Agustus � September 2012 di MTs Al- Layyinah Tangerang. Adapun objek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 masing- masing 35 dan 37 siswa. Metode yang digunakan adalah pre ekperiment. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar berupa tes pilihan ganda (PG). Hasil belajar kelompok siswa eksperimen rata- rata posttest hasil belajarnya lebih tinggi (rata- rata pretest = 52,78 dan rata- rata posttest = 71,13) daripada kelompok kontrol (rata- rata pretes = 46,60 dan rata- rata posttest = 62,09) dan dari hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai thit sebesar 3,42 dan ttab sebesar 2,00 atau t hitung > t tabel (3,42>2,00) maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa.