Penerapan model pembelajaran kooperatif strategi crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA al-Hasra Bojongsari Depok
Main Author: | Siska Wulansari |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah yang dihadapi SMA Al-Hasra kelas X.P adalah kegiatan pembelajaran sejarah masih sering menjalankan interaksi belajar mengajar yang berjalan secara searah sehingga siswa menganggap pelajaran sejarah adalah pelajaran yang membosankan. Metode pembelajaran yang digunakan guru adalah metode ceramah, yang jarang melibatkan siswa secara langsung di kelas Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif strategi crossword puzzle di SMA Al-Hasra Bojongsari Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Siklus berhenti ketika indikator keberhasilan telah tercapai. Dan instrument tes yang digunakan berupa pretes dan postes, serta instrument non tes berupa lembar observasi, catatan lapangan, dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Ditunjukan dengan nilai rata-rata N-Gain pada siklus I sebesar 0,51 dan terjadi peningkatan pada siklus II nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,72. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran koopertaif strategi crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Al-Hasra Bojongsari Depok.