Penerapan metode kooperatif numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ 1 pada mata pelajaran IPS di SMK al-Hasra Bojongsari, Depok: Penelitian Tindakan Kelas

Main Author: Rika Dewanti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ I SMK Al-Hasra Bojongsari,Depok tahu pelajaran 2012/2013. Siklus berhenti ketika indikator keberhasilan telah tercapai. Dan instrument tes yang digunakan berupa pretes dan postes, serta instrument non tes berupa lembar observasi, catatan lapangan, dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil Normal Gain, hasil belajar siswa di siklus II mengalami peningkataan dibandingkan pada siklus I. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode NHT berhasil pada mata pelajaraan IPS siswa SMK Al-Hasra, Bojongsari, Parung, Depok. Rata-rata N-Gain siklus I adalah 0,29 dan rata-rata N-Gain siklus II adalah 0,64 dengan begitu indikator keberhasilan dalam penelitan telah tercapai karena seluruh siswa kelas X TKJ I nilai IPS Terpadu telah mencapai KKM yang telah ditentukan yakni 75. Setelah belajar dengan menggunakan metode NHT, siswa menjadi lebih aktif serta berfikir kreatif pada pelajaran IPS hasil belajarnya pun meningkat, dan lebih menyenangkan.