Penerapan metode pembelajaran mind map dalam meningkatkan hasil belajar IPS: penelitian tindakan kelas di SMPN 249 Jakarta Barat

Main Author: SAMSURIZAL
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran penerapan metode pembelajaran mind map dan mengetahui hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran mind map. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes (pre test dan post tes), teknik analisis data dengan menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Teknik kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran di kelas berupa observasi dan hasil wawancara. Sedangkan teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan hasil tes setiap siklus dilihat dari N-Gain. Dari hasil penelitian pada siklus I dan II yang dilakukaan menyatakan bahwa dalam penerapan metode mind map siswa sangat senang mengikuti pembelajaran dan membuat mereka aktif dan kreatif yang dinyatakan dari hasil penghitungan angket sebesar 52,5%. Sedangkan dari segi hasil pembelajaran dengan menggunakan metode mind map mengalami peningkatan dari siklus I dengan N-Gain 0,6 dan N-Gain siklus II 0,7 dari data tersebut maka pembelajaran dapat dikatakan cukup efektif dan telah memenuhi krikteria ketuntasan minimum (KKM) belajar karena sudah tidak ada siswa yang mendapat nilai dibawah 60.