Efektifitas penggunaan metode CARD Sort pada pembelajaran IPS ekonomi pada materi prinsip dan motif ekonomi dalam meningkatkan hasil belajar siswa penelitian tindakan kelas di mts jam'iyatul khair ciputat
Main Author: | AMELIA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran Aktif Card Sort di MTs. Jam�iyyatul Khair Ciputat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Reseach), dengan sampel berjumlah 37 siswa kelas VII MTs. Instrumen yang digunakan berupa RPP, lembar observasi, lembar wawancara dan tes hasil belajar ekonomi pada materi prinsip dan Motif Ekonomi, berbentuk pilihan ganda sebanyak 10 soal. Pada penelitian ini dilakukan 2 siklus, setiap satu siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa mengalami perubahan yang signifikan dan rata-rata N-Gain pada siklus I 0,5 dan meningkat menjadi 1 pada siklus II. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat dibuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran aktif Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran ekonomi materi prinsip dan motif ekonomi. Kata