Pengaruh penggunaan LKS eksperimen berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada konsep laju reaksi

Main Author: Dzakirin
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS Eksperimen berbasis lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Sampel adalah siswa kelas XI MA Nurul Ummah Ciampea semester ganjil Tahun Ajaran 2013/2014 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes yang kemudian hasilnya dianalisis menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung sebesar 5,18 lebih besar dari ttabel yaitu 1,684 dengan taraf signifikansi 5%, maka hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan LKS Eksperimen berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran yang menggunakan LKS Eksperimen berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada konsep laju reaksi.