Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui contextual teaching and learning (CTL) di kelas V MI Hidayatul Athfal Cinere Depok

Main Author: Suryani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Model CTL pada pembelajaran Bahasa Indonesia, yang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Prosedur pelaksanaannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto, dimana pada setiap siklusnya terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik MI Hidayatul Athfal Cinere kelas V tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa pretest (esei) dan posttest (esei). Keduanya digunakan untuk mengukur pemahaman. Lembar observasi diisi oleh observer sebagai kolabolator untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik. Untuk melengkapi data tersebut digunakan catatan lapangan dan bukti dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, banyaknya siswa yang mencapai KKM 65 pada posttest siklus satu sebanyak 25 siswa atau 75,27 %. Pada posttest siklus dua meningkat menjadi 34 siswa atau 100%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CTL dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi di kelas V MI Hidayatul Athfal Cinere, guru disarankan untuk menggunakan Model CTL pada proses Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi di MI Hidayatul Athfal Cinere Depok