Pemanfaatan media peta untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan pokok bahasan mengenal peta provinsi pada siswa kelas IV MIS Al-Husna Gembor Kota Tangerang

Main Author: Haerunnisa
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Pemilihan judul ini didasari pada hasil pengamatan peneliti selama ini pada sekolah MI Al-Husna Gembor. Karena selain peneliti penulis juga salah satu tenaga pendidik pada sekolah tersebut. Dengan demikian peneliti memahami kondisi dan lingkungan penelitian. Dengan pemantauan langsung kegiatan pembelajaran ditemukan permasalah yang umum dan sering di jumpai serta dialami guru yaitu rendahnya motivasi belajar, hal ini ditandai dari kurangnya interaksi siswa, keaktifan dan penyelesaian tugas rumah (PR) yang diberikan guru. Siswa enggan untuk bertanya jawab, tidak berusaha ingin tahu dan banyak bercanda disaat belajar. Dampak yang timbul dari permasalah tersebut adalah tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang ditunjukan dari rendahnya hasil belajar. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya: (a) Guru yang kurang kompeten dan tidak menguasai materi pelajaran, (b) Sarana dan prasarana yang tidak mendukung proses pembelajaran, (c) Metode yang digunakan kurang variatif, inovatif dan aktif, (d) minimnya penggunaan media yang tepat sesuai bahasan. Banyaknya faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, peneliti memfokuskan bahasan pada pemanfaatan media terutama media peta pada pokok bahasan mengenal peta Provinsi pada siswa kelas IV MIS Al-Husna Gembor Kota Tangerang. Untuk mendapatkan jawaban dari penelitian tersebut, peneliti menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dipilih karena lebih obyektif dan relevan untk mendapatkan jawaban-jawaban dari permasalah tersebut. Melalui lembar observasi dan pelaksanaan siklus serta angket penelitian. Dengan tahapan-tahapan yang tertuang pada tiap-tiap siklus, dimulai dari perencanaan, aksi, observasi dan refleksi. Dari penelitian hasil penelitian yang dilakukan selama enam bulan terhitung dari Januari sampai dengan Juli 2013 diperoleh data-data dimulai dari hasil angket dengan rerata sebesar 9,10 jauh lebih tinggi dari ttabel sebesar 2,086 dan nilai kinerja guru pada siklus satu sebesar 74,285 serta hasil belajar siswa pada siklus dua sebesar 90% dari 20 siswa. Sedangkan kinerja siswa pada siklus dua, melalaui pengamatan teman sejawat dipperoleh skor rata-rata sebesar 81,42. Dari data-data tersebut, menunjukan adanya peningkatan hasil belajar yang sangat signifikan dengan penggunaan media peta pada pokok bahasan mengenal peta provinsi. Namun demikian, yang perlu menjadi catatan penelitian adalah kemampuan guru dalam memilih dan menggunakakn media pada setiap bahasan dengan baik menjadi bagian penting dalam keberhasilan pembelajaran