Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana (Penelitian di kelas V MI Pasirbadak Sukabumi)

Main Author: M. Johan
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pesawat Sederhana berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas V MI Pasirbadak Sukabumi. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode tindakan kelas atau action research. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan atau observasi, catatan lapangan, wawancara dan pelaksanaan tes pada isi naskah drama di setiap akhir pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yang terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus itu terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan tindakan (planning), pelaksanan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian dilakukan di MI Pasirbadak Gunungguruh Sukabumi, pada siswa kelas V (lima) yang berjumlah 31 siswa, semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswadengan menggunakan metode jigsaw pada mata pelajara IPA kelas V (lima) pada siklus II meningkat cukup signifikan dibanding pada siklus I, pada siklus I nilai rata-rata hasil posttest adalah 6,7 dengan ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 51,61 %. Pada siklus II rata-rata hasil belajar posttest meningkat hingga 8,6 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 96,77%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana di kelas V MI Pasirbadak Sukabumi dapat meningkatkan hasil belajar siswa