Penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas IV MI Ghidaul Athfal Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Zainal Arifin |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Penerapan pedekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas IV, 2) Hasil hasil belajar siswa pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas IV akan meningkat melalui penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Penelitian ini dilaksanakan di MI Ghidaul Athfal Kota Sukabumi tahun pelajaran 2012/2013. Subyeknya adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 28 orang. Pokok bahasan yang diteliti adalah bilangan pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, jurnal harian siswa, wawancara, dan tes akhir siklus. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan pendekatan PMRI dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa yaitu 53,79% pada siklus I menjadi 72,73% pada siklus II. Hal tersebut menunjukan pula adanya peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa yaitu 77,14 pada siklus I menjadi 83,11 pada siklus II, dan memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika sebesar 77,38% pada siklus I dan 85,12% pada siklus II.