Upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui media gambar pada mata pelajaran IPS kelas IV di MI Asaasuddiiniyah Cengkareng Jakarta Barat

Main Author: Khairudin
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui media gambar pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Februari hingga bulan Mei 2013 di MI Asaasuddiiniyah Cengkareng Jakarta Barat. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV sebanyak 20 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Metode ytang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dimana analisis dari hasil pembelajaran direfleksikan pada pada pembelajaran berikutnya. Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus yaitu siklus I dan siklus II Meningkatnya hasil belajar dapat dilihat dari adanya peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus 1 nilai yang diperoleh sebesar 64.30 dengan ketuntasan 65 % dan pada siklus 2 meningkat menjadi 77,25 dengan ketuntasan 90 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa