Peningkatan hasil belajar PKn materi berorganisasi melalui pendekatan paikem metode simulasi pada siswa kelas V MI Fathurrachman Ragunan - Jakarta Selatan
Main Author: | Abdul Mughni |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil pembelajaran berorganisasi pra siklus dan observasi siswa kelas V MI Fathurrachman Ragunan - Jakarta Selatan, ditemukan beberapa permasalahan pada pembelajaran PKn materi berorganisasi, yaitu: 1. Metode simulasi belum diterapkan di kelas V MI Fathurrachman; 2. Aktivitas siswa dalam pembelajaran masih rendah; 3. Hasil belajar siswa rendah. Untuk itu perlu diadakan tindakan perbaikan pembelajaran. Di antaranya melalui penerapan metode simulasi pada materi berorganisasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas atau dikenal dengan Classroom Action Research (CAR) yang terdiri atas empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Fathurrachman Ragunan - Jakarta Selatan sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan tes obyektif tertulis pilihan ganda dan observasi. Proses pembelajaran pada pra siklus, siklus I, dan siklus II dalam membahas materi organisasi dilaksanakan oleh siswa bersama kelompoknya. Nilai rata-rata proses pembelajaran pra siklus mencapai nilai 67, pada siklus I mencapai 74, dan pada siklus II mencapai 82. Hasil belajar siswa pada pembelajaran pra siklus mencapai nilai rata-rata 64,3, siklus I mencapai 76, dan siklus II mencapai 83,2. Pencapaian Nilai Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditargetkan adalah 70% siswa mencapai KKM 70. Pada pra siklus siswa yang mencapai KKM tersebut sebanayak 10 siswa dengan persentase 40%. Pada siklus I siswa yang mencapai KKM tersebut sebanyak 16 siswa dengan persentase 64%. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM tersebut sebanyak 20 siswa dengan persentase 80%. Dengan demikian ada perubahan yang signifikan mengenai penerapan metode simulasi terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas V MI Fathurrachman Ragunan Jakarta Selatan