Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games turnament pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (PTK di kelas V MI Yapemas Kabupaten Bogor
Main Author: | Nursanti |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan unflrk mengetahui tentang upaya peningkatan hasil belajar siswa pada pada konsep proses daur air dan pentingnya air bagai kehidupan dengan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tunament. Subjek penelitian ini adalah kelas 5 MI Yapemas Tahun Ajaran 2012 - 2013 dengan jumlah siswas ebanyak2 7 orang.M etodey ang digunakand i dalamp enelitiani ni adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri darr 2 (dua ) siklus, sedangkanin strumeny ang digunakand i dalam penelitian ini adalah Lembar ObservasPi elaksanaaFn embelajaranL, embar ObservasiA ktivitas Siswa, dan Test hasil belajar. Hasil temuan pada penelitian ini dapat dijelaskan bahwa hasil belajar siswap adas iklusI di perolehr ata+atak elass ebesa6r ,39ohd anp adas iklus ll rata - rata kelasd iperoleh8 ,81% sehinggate rcermin rata-ratap ada siklus II sudah melebihi nilai KK-M, sedangkank etuntasanp ada siklus II sekitar 96,30% od eggan katagori sangat baik. Rata-rata hasil observasi setiap siklus mengalami peningkataho bservaspi enilaianp elaksanaapne mbelajaranp adas iklus I sebesar 6,99d engank atagorit inggi danp adas iklusI I sebesa9r ,33d engank atagoris angat tinggi, selanjutnybae rdasarkatna beld i ataso bservasai ktivitass iswap adas iklusI sebesar 7,50 dengan katagori tinggi dan pada siklus II sebesar 9,25 dengan katagoris angati nggi. Hasil penelitiani ni menuqiukanb ahwap enerapanp endekatanT GT dalam proses pembelajaranp ada konsep proses daur air dan pentingnya air bagi kehidupand apatm eningkatkanh asilb elajars iswaK elasV di MI Yapemas