Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada konsep pelestarian sumber daya alam (penelitian tindakan kelas di MI. Al-Hasaniyah Cengkareng Jakarta Barat)

Main Author: Trisnawati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MI. Al-Hasaniyah Cengkareng Jakarta Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjeknya adalah kelas III dengan jumlah siswa 20 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan guru, wawancara, jurnal harian siswa, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu 61,28% pada siklus I menjadi 88,53% pada siklus II. Hal tersebut menunjukkan pula adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65,85 pada siklus I menjadi 79,1 pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa