Meningkatkan keterampilan menulis indah dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Raudhatussa�adah Jakarta Selatan
Main Author: | Nur Azizah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis indah dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Raudhatussa�adah Jakarta Selatan yang berjumlah 18 orang tahun pembelajaran 2012-2013. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiga kali tes. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus pertama, dilakukan dua kali tes yaitu tes awal sebelum tindakan (pre action test) dan tes akhir setelah tindakan (post action test). Sedangkan pada siklus kedua dilakukan satu kali tes yaitu tes akhir setelah tindakan (post action test). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam menulis indah dengan menggunakan pendekatan kontekstual mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil tindakan di setiap siklusnya. Pada pre action test siklus I, diperoleh nilai rata-rata 71,6 dengan persentase keberhasilan 55%, dan pada post action test siklus I, nilai siswa mencapai nilai rata-rata 74,1 dengan persentase keberhasilan 72%. Sedangkan pada post action test siklus II terjadi peningkatan yaitu perolehan nilai siswa mencapai nilai rata-rata 75 dengan persentase keberhasilan 95%. 5% siswa yang belum mencapai nilai KKM tetap dilaksanakan remedial di luar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis indah