Peningkatan prestasi belajar siswa melalui media gambar pada mata pelajaran IPS Kelas V di MI Al-Falahiyah Citayem Bogor
Main Author: | Abd Soleh |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V di MI Al-Falahiyah Citayam Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor yang dilakukan pada tanggal 08 April sampai dengan 15 April2013. Yang dijadikan sumber iformasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas v MI Al Falahiyah Citayam Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor, data diperoleh melalui hasil wawancara dan Observasi. Untuk mencapai tujuan di atas peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptiflmelalui media gambar Kehadiran peneliti bertindak sebagai obsener metode pengumpulan datanya mengunakan metode observasi ,kuesioner.teknik analisis datanya menggunakan analisa deskriptif .Subjek dalam penelitian ini adalah angket yang dibagikan kepada 20 responden dalarn bentuk sample dari 169 siswa siswi MI Al- Falhiyah Kecamatan Bojong Gede Citayam Bogor instument penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan menggunakan angket (kuesioner)dalam bentuk pilihan ganda. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa koefisiensi deternninasinya besar ini menunjukan bahwa kontribusi IPS Melalui Media Gambar dapat Meningkatkan prestasi belqiar sisrva MI Al-falahiyah Citayam Bogor, dengan ditandai peningktan hasil prestasi beleiar siswaynag diperoleh pada saat pra siklus pencapaian 32o/o dariKKM dan hasil nilai t�s rata-rata 56,00 hasil siklus I pencapaian 57,75yo dari KKM dan hasil nilai tes rata-rata 67,50 pencapaian siklus tr 100%dari KKM dan hasil nilai tes rata-rata 83,25.Ha1 ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa melalui media Gambar pada pelajaran IPS Kelas V lvll'Al-Falahiyah Citayam Bogor.