Peningkatan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning teknik think pair square pada Mata Pelajaran IPS di MI kelas III Idzotun Nasyiien Jakarta Timur: penelitian tindakan kelas di MI Idzotun Nasyiien

Main Author: Damroh
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa melalui model pembelajaran cooperative learning teknik think pair square terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas III di MI Idzotun Nasyiien. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus berhenti ketika indikator keberhasilan telah tercapai. Instrumen pengumpul data yang digunakan yaitu: Lembar tes hasil belajar, Lembar observasi guru, Wawancara dengan siswa, dan Catatan lapangan. Dari hasil observasi pada saat proses pembelajaran, siswa memberikan respon yang positif terhadap model pembelajaran cooperative learning teknik think pair square yang diterapkan. Dengan penerapan model ini siswa dapat saling membantu dalam memahami materi. Siswa juga merasa senang karena dengan model ini dapat memudahkan siswa dalam menyerap materi yang diajarkan. Model pembelajaran ini juga dapat menumbuhkan solidaritas dan tanggung jawab siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Ditunjukkan dengan nilai rata-rata N-Gain pada siklus I sebesar 0.49% dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 0,67%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning teknik think pair square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MI Idzotun Nasyiien Jakarta Timur