Peningkatan hasil belajar siswa melalui pendidikan matematika realistik pada operasi pembagian di kelas 2 (penelitian tindakan kelas di MI. Muhammadiyah 02 Beji Depok)
Main Author: | Suherni |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan Pendidikan Matematika Realistik di kelas 2 MI. Muhammadiyah 02 Beji Depok.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing terdiri atas Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Indikator keberhasilan penelitian yaitu apabila seluruh siswa telah mencapai KKM. Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa dalam penggunaan Pendidikan Matematika Realistik siswa mampu meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi pembagian di kelas 2. Berdasarkan hasil observasi siswa sangat senang mengikuti pelajaran matematika dengan menggunakan Pendidikan Matematika Realistik, siswa aktif dan kreatif. Hasil perhitungan pada siklus I siswa yang memenuhi nilai KKM sebesar 53,13 % dan pada siklus II sebesar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pembagian di kelas 2 MI Muhammadiyah 02 Beji Depok.