Pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar IPS peserta didik di MI. Ta�lim Mubtadi Cipondoh Tangerang
Main Author: | Mubaidillah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode diskusi dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah di MI Ta�lim Mubtadi Cipondoh Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan memberikan perlakuan terhadap objek penelitian serta adanya kontrol. Penelitian eksperimen dilakukan peneliti dengan tujuan untuk mengetes, mengecek atau membuktikan suatu hipotesis, ada tidaknya pengaruh model pembelajaran dari suatu treatment atau perlakuan Dalam penelitian ini, manipulasi atau pelakuan yang diberikan adalah metode diskusi kepada kelompok eksperimen Dari hasil perhitungan pretest dan postes dan didistribusikan ke dalam rumus uji t dan diperoleh thitung 3,253 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 1% diperoleh ttabel = 2,66. Berarti thitung > ttabel, maka Ha yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar IPS pada peserta didik kelas VI MI Ta�lim Mubtadi Cipondoh Tangerang antara yang diajar melalui metode diskusi dengan metode ceramah. Sedangkan hasil perhitungan rata-rata (mean) peningkatan hasil belajar siswa antara kedua kelas tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode diskusi lebih baik daripada prestasi belajar IPS siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah yaitu mean peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen 84,47 dan mean peningkatan prestasi belajar siswa kelas control 81,27. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa metode pembelajaran mempengaruhi hasil belajar peserta didik di MI Ta�lim Mubtadi Cipondoh Tangerang