Kemampuan Mengembangkan Karangan Narasi berdasarkan Teks Wawancara Oleh Siswa MI Raudhatussa'adah

Main Author: Sa'diyah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis, terutama mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks wawancara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif Teknik penelitian ini dilakukan dengan memberikan tugas mengarang narasi berdasarkan teks wawancara kepada siswa. Instrumen yang digunakan adalah petunjuk dan batasan mengarang narasi. Objek penelitian ini adalah karangan siswa yang dinilai dari aspek substansi dan aspek kebahasaan. Aspek substansi terdiri atas kemampuan menyusun kronologis dan kemampuan menyesuaikan isi narasi dengan teks wawancara. Aspek kebahasaan meliputi kemampuan menggunakan ejaan, diksi, kalimat efektif, dan paragraf. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V MI Raudhatussa�diah. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan mereka dalam mengembangkan karangan masih kurang.Nilai rata-rata yang diperoleh mereka adalah 45,39.Berdasarkan tema tersebut disarankan kepada guru untuk melatih siswa secara intensif dalam pembelajaran agar siswa mampu mengembangkan karangan narasi.