Pengaruh modul berbasis mind map terhadap hasil belajar siswa pada konsep dinamika rotasi (kuasi eksperimen di SMA Negeri 12 Kota Tangerang Selatan)
Main Author: | Amayani Astuti |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul berbasis mind map terhadap hasil belajar siswa pada konsep dinamika rotasi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Negeri 12 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini berlangsung pada bulan Februari 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dan teknik pengampilan sampel dengan purpossive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal-soal pilihan ganda dan instrumen nontes berupa lembar observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh modul berbasis mind map terhadap hasil belajar siswa pada konsep dinamika rotasi. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasilnya adalah nilai thitung = 3,09 sedangkan ttabel = 2,00. Terlihat bahwa nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak. Selain itu, pembelajaran menggunakan modul berbasis mind map terbukti lebih unggul dalam meningkatkan kemampuan mengingat (C1), memahami (C2), menerapkan (C3), dan menganalisis (C4). Selanjutnya berdasarkan analisis data nontes berupa lembar observasi aktivitas siswa, penerapan modul berbasis mind map berada pada kategori baik dengan persentase 73%. Hasil analisis angket respon siswa juga menunjukan bahwa modul berbasis mind map berada pada kategori baik dengan persentase 79%.