Penerapan model cooperative learning tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep cahaya

Main Author: Rahandika Mita Pramesti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan penerapan model cooperative learning tipe group investigation . Sekolah yang dipilih adalah SMP Negeri 6 Kota Tangerang Selatan pada tahun ajaran 2011-2012. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Peneliti menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 soal dan instrumen nontes berupa lembar observasi guru serta lembar observasi siswa. Data hasil instrument tes dianalisis dengan menggunakan N-Gain, sedangkan data hasil instrumen nontes berupa lembar observasi guru dan lembar observasi siswadianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran group investigationdapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada konsep cahaya. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan nilai rata-rata posstest pada siklus I 69,35 menjadi 81,85 pada siklus II. Siswa yang mencapai KKM juga meningkat, pada siklus I hanya 37 siswa (92,5%) sedangkan pada siklus II mencapai 40 siswa (100%). Peningkatan hasil belajar juga terlihat dari nilai kategori N-Gain. N-Gain pada siklus I sebesar 0.5439 dengan kategori sedang berubah menjadi 0.7067 dengan kategori tinggi pada siklus II. Peningkatan hasil belajar fisika siswa pada konsep cahaya juga dipengaruhi oleh aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran