Penerapan strategi pembelajaran active learning metode index card match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan (penelitian tindakan kelas di SMP N I Kelapanunggal, Sukabumi)
Main Author: | NURLAILI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan manusia dengan menggunakan strategi pembelajaran active learning metode index card match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. pada konsep sistem pencernaan manusia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP N I Kalapanunggal tahu ajaran 2010- 1011 yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, evaluasi serta analisis dan refleksi. Hasil penelitrian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran active learning metode index card match mampu meningkatka hasil belajar siswa. Pada siklus I ketercapaian ketuntasan belajar mencapai 77,78 dan pada siklus II ketercapaian ketuntasan belajar meningkat yaitu mencapai 100% dan sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran active learning metode index card match sebagian besar positif. Siswa senang dengan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran active learning metode index card match pada konsep sistem pencernaan manusia dan mampu membuat mereka belajar lebih aktif.