Hubungan antara kemampuan berkomunkasi dengan hasil belajar sisw melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw: subkonsep maekanisme transpor pada membara di MA negeri 2 Bogor
Main Author: | ULYA, Himmatul |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berkomunikasi dengan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada subkonsep mekanisme transpor pada membran, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional yang dilaksanakan di MAN 2 Bogor dengan melibatkan 38 siswa kelas XIIPA3. Data kemampuan berkomunikasi siswa dikumpulkan dengan lembar observasi dan Peer Asessment, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes tertulis kognitif dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi kecenderungan kemampuan berkomunikasi dengan hasil belajar ditunjukkan oleh hasil koefisien korelasi sebesar 0.75. ini berarti kemampuan berkomunikasi memberikan kontribusi sebesar 57% terhadap hasil belajar siswa, dan 43% ditentukan oleh faktor lain. Analisis data menggunakan uji signifikansi diperoleh nilai thitung sebesar 7,07 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu sebesar 1.99, maka dapat dikatakan bahwa thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooferatip tipe jigsaw pada subkonsep transpor pada membran.