An analysis on students� errors in using plural nouns� (A case Study at Second Grade of SMP Dharma Karya Pamulang)
Main Author: | Muizzul Haq |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi kesalahankesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas dua SMP Dharma Karya Pamulang dalam menggunakan plural noun. Secara khusus, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang paling banyak dalam menggunakan plural noun dan untuk mencaritahu sebab-sebab mengapa siswa melakukan kesalahan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan pola atau rancangan penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case study). Selanjutnya, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan interview. Sedangkan subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas dua SMP Dharma Karya Pamulang tahun ajaran 2012/2013 yang diambil dengan menggunakan random sampling. Untuk menjelaskan kesalahan siswa dan menganalisa data, penulis menggunakan rumus: P=F/N x 100%. Data diambil dari tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 182 kesalahan yang dibuat oleh siswa, dan ada tiga jenis kesalahan yaitu misformation, addition, and omission. Misformation adalah jenis kesalahan yang paling banyak dibuat oleh siswa dalam menggunakan plural noun. Misformation terdiri dari 99 kesalahan atau 54,40%, kemudian diikuti oleh addition dengan 58 kesalahan atau 31,87%. Terahir adalah omission dengan 25 kesalahan atau 13,73%. Berdasarkan temuan, penyebab dari kesalahan siswa dalam menggunakan kata benda jamak adalah intralingual transfer.