An analysis of the students' errors in reading comprehension section in TOEFL test (a case study at the seventh semester students of English Education Department Faculty of Tarbiyah and Teachers' Training Syarif Hidayatullah State Islamic University)

Main Author: Rika Rostika
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan meneliti kesalahan utama yang di lakukan oleh siswa dalam menjawab soal TOEFL terutama dalam bagian pemahaman membaca. Disamping itu, akan dibahas mengenai kesalahn siswa dalam masing masing jenis kemampuan dalam bagian pemahaman membaca dalam TOEFL test. Penelitian dilakukan di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Tarbiyah dan Keguruan semester 7 tahun tahun akademik 2006. Untuk mengumpulkan data, penulis mengambil soal TOEFL yang diambil dari BARRON�S for the TOEFL Preparation 2007 oleh Pamela J. Sharpe. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bahasa inggris mahasiswa terutama dalam pemahaman membaca dan juga untuk mengetahui kesalahan yang mereka lakukan dalam setiap skill yang di ujikan. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah: terdapat 30,83 % siswa melakukan kesalahan dalam pertanyaan kesimpulan, 17,33% siswa melakukan kesalahan dalam pertanyaan terperinci yang tersirat. Sementara dalam vocabulary terdapat sebanyak 20,11 % yang melakukan kesalahan. Dalam pernyataan terperinci yang tersirat terdapat sebanyak 14,03% siswa yang melakukan kesalahan. Selanjutnya adalah tpik utama, terdapat sebanyak 13,33% siswa yang melakukan kesalahan. Yang terakhir adalah pertanyaan tujuan penulis. Terdapat sekitar 8,33 % siswa yang melakukan kesalahan pada bagian tersebut. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa semester tujuh Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta mempunyai kesulitan dalam menjawab pertanyaan tes TOEFL. Hal ini mungkin disebabkan karena ketidaktahuan pengetahuan mengenai cara menjawab pertanyaan tes TOEFL terutaman dalam bidang pemahaman membaca dan ketidakcukupan kosakata yang berhubungan dengan wacana yang di ujikan.