Improving students' ability in using imperative sentences through Total Physical Response (TPR): A classroom action research in the first grade students of SMP PGRI 1 Ciputat

Main Author: Heny Hindriyani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah kemampuan siswa di kelas 1 SMP PGRI 1 Ciputat dalam menggunakan kalimat perintah dapat ditingkatkan dengan metode Total Physical Response (TPR). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan TPR dalam meningkatkan kemampuan siswa mempelajari kalimat perintah. Penelitian ini dikategorikan sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Diawali dengan wawancara guru dan observasi kelas. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian adalah 34. Selanjutnya, penulis mengaplikasikan pola Kurt Lewin yang terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh berasal dari pre-test dan post-test, wawancara, dan observasi. Oleh karena itu, penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pre-test terdapat 6 siswa yang mampu melampaui nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70 dengan nilai rata-rata kelas siswa yaitu 55.88. Selanjutnya di post-test 1 terdapat 15 siswa yang lulus KKM dengan nilai rata-rata kelas 63.97. Terakhir di post-test 2 terdapat 26 siswa lulus KKM dengan nilai rata-rata kelas 72. Tentu saja ini membuktikan bahwa PTK dalam penelitian ini berhasil dan siklus pun dihentikan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa siswa kelas 1 di SMP PGRI 1 Ciputat mampu meningkatkan pemahaman dalam mempelajari kalimat perintah dengan menggunakan metode TPR