Improving reading comprehension through reciprocal teaching technique ( a classroom action research at first year of MTs. Hidayatul Ummam, Cinere, Depok)
Main Author: | PEBRIANI, Nurulia Dwi |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Berkenaan dengan pembelajaran bahasa Inggris, murid-murid selalu dihadapi dengan teks berbahasa Inggris di sekolah, tapi ada permasalahan dalam hal itu. Murid-murid mengalami kesulitan jika guru menyuruhnya membaca, contohnya, mereka sulit untuk menelaah tentang inti dari text tersebut dan guru tidak membangun pengetahuan siswa tentang bacaan pada saat awal. Untuk memperoleh murid-murid paham dengan teks bacaan dibutuhkan rangsangan di dalam otak dan tanggapan yang benar. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, peneliti akan mencoba untuk mengaplikasikan teknik pengajaran reciprocal. Teknik ini ditujukan untuk mengetahui apakah mengajar membaca melalui teknik reciprocal teaching dapat meningkatkan pemahaman murid-murid. Kemudian guru mengumpulkan nilai hasil kemajuan siswa dan partisipasi siswa saat belajar descriptive teks di kelas VII-5. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan menggunakan model Kurt Lewin: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal, lembar observasi, dan susunan pertanyaan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, pengajaran reading dengan teknik reciprocal adalah meningkat. Hasil post-test di siklus ke-2 ada 30 murid yang lulus nilai KKM atau 81.08% dan rata-rata 72.57. Hasilnya, respon siswa terhadap pembelajaran positif. Berdasarkan hasil data dapat disimpulkan bahwa aplikasi pengajaran teknik reciprocal dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa di kelas VII-5 MTs. Hidayatul Umam, Cinere, Depok.