developing students' ability of the simple present tense through substitution drills (a classroom action research in the seventh grade of SMPN 6 Depok)
Main Author: | DEWIFARTINA, Ridhatul |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penulis bekerjasama dengan guru bahasa inggris dari SMPN 6 Depok sebagai pengamat dan kolaborator. Penelitian ini dilaksanakan mengikuti model Kurt Lewin dengan prosedur penelitian tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen: observasi, catatan lapangan, interview, dan tes. Hasil dari penelitian dengan menggunakan Substitution Drills ini menunjukan bahwa ada peningkatan dari kemampuan siswa tentang simple present tense. Siswa mendapatkan nilai yang bagus secara bertahap pada akhir siklus. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 65 (enam puluh lima). Nilai rata-rata siswa pada tes awal adalah 55.95. Nilai rata-rata siswa pada siklus pertama yaitu 72.74. Nilai rata-rata siswa pada siklus kedua yaitu 75.95. Selain itu, ada tanggapan yang positif dari para siswa dan guru bahasa inggris terkait penggunaan Substitution Drills. Kesimpulannya, Substitution Drills dapat meningkatkan kemampuan siswa tentang simple present tense.