Hubungan persepsi siswa terhadap pengajaran apresiasi puisi dengan kemampuan menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012 di MTs. Annajah Petukangan Jakarta Selatan

Main Author: Silvia Rahmi
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Siswa-siswa kurang berminat dalam pembelajaran puisi, khususnya menulis puisi. Salah satu faktor yang menyebabkan siswa kurang menyukai pembelajaran puisi adalah faktor guru. Ketika mengajar puisi, guru hanya sebatas menjelaskan teori, dan belum sampai pada tingkat apresiasi. Oleh karena itu, penulis ingin meneliti bagaimana hubungan Persepsi Siswa terhadap Pengajaran Apresiasi Puisi dengan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data-data tentang: pengajaran apresiasi puisi siswa kelas VII MTs. Annajah; kemampuan siswa kelas VII MTs. Annajah dalam menulis kreatif puisi; dan hubungan pengajaran apresiasi puisi dengan kemampuan menulis kreatif puisi. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Annajah di Petukangan, Jakarta Selatan dan pengambilan data dilakukan pada tanggal 4 April - 31 Mei 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan perhitungan secara korelasional. Teknik pengambilan sampel yaitu sampel random. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes menulis puisi, sedangkan teknik korelasi yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r hitung sebesar 0,179 dan termasuk kategori sangat rendah karena berada pada interval 0,00 � 0,199. Diperoleh t hitung 1,00 dengan dk = 30 dan t tabel 1,697. Hal ini menunjukkan t hitung lebih kecil dari t tabel, maka HO ditolak. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengajaran apresiasi puisi dengan kemampuan menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII MTs. Annajah Petukangan, Jakarta Selatan