Peningkatan keterampilan menyimak cerita rakyat melalui media audio visual di kelas VIII SMP Pelita Harapan Jakarta Selatan

Main Author: Mahfudoh
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Menyimak merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat aktif reseptif. Artinya, dalam kegiatan menyimak seseorang harus mengaktifkan pikirannya untuk dapat mengidentifikasi bunyi-bunyi bahasa, memahaminya, dan menafsirkan maknanya sehingga tertangkap pesan yang disampaikan pembicara. Menyimak juga merupakan hal yang penting dan utama dalam keterampilan berbahasa karena dalam kegiatan sehari-hari kita lebih banyak meluangkan waktu untuk menyimak dibandingkan menulis, membaca dan berbicara. Oleh sebab itu, pembelajaran menyimak harus mendapat perhatian lebih, agar keterampilan menyimak dapat dikuasai dengan mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Penelitian ini dilakukan di Kelas VIII SMP Pelita Harapan Jakarta Selatan, dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menyimak cerita rakyat dengan menggunakan media audio visual mengalami peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa. Pada siklus I nilai rata-rata mereka 72, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 82,42. Itu artinya penelitian ini berhasil