Peningkatan kemampuan menulis rangkuman melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 87 Jakarta Tahun 2012
Main Author: | Dwi Pujiastuti |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran bahasa Indonesia terutama dalam pembelajaran menulis rangkuman yang berlangsung di sekolah saat ini masih banyak didominasi oleh guru sebagai sumber utama pengetahuan. Dalam proses pembelajaran ini metode ceramah menjadi pilihan utama strategi pembelajaran. Pola ini dilakukan secara monoton dari waktu ke waktu. Padahal guru dituntut memiliki berbagai metode cara menyampaikan bahan. Salah satu pembelajaran yang dianggap dapat menanggulangi kelemahan-kelemahan tersebut adalah pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diyakini peneliti dapat menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 87 Jakarta, karena model pembelajaran kooperatif Jigsaw merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Dari hasil penelitian didapat kegiatan menulis rangkuman pada kegiatan pembelajaran sebelum dilakukan tindakan atau pretest ke siklus I mengalami peningkatan, begitu pula pembelajaran dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 62,29 %. Hal ini ditunjukan oleh nilai rata-rata siswa dalam menulis rangkuman mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Siklus I nilai rata-rata kelas yaitu 67,29. Pada siklus II meningkat menjadi 89,09. Oleh karena itu, dapat ditarik simpulan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menulis rangkuman pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 87 Jakarta tahun 2012.