Nilai-nilai pendidikan akhlak perspektif al-Qur?an (tela?ah surat Luqman ayat 12-19)
Main Author: | Nurfajriyah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Islam mengajarkan kepada pemeluknya untuk memiliki akhlak mulia, karena akhlak mulia dapat menghantarkan umat Islam kepada martabat yang tinggi. Akan tetapi pada saat ini akhlak mulia merupakan suatu hal yang sulit dimiliki seseorang, hal ini dikarenakan minimnya pemahaman umat Islam akan nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam al-Qur?an, maka dari itu perlunya penanaman pendidikan akhlak Islami agar terbentuknya aklak yang terpuji. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), yakni berusaha untuk menguak secara konseptual tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pembentukan akhlak anak menurut al-Qur?an surat Luqm?n ayat 12-19. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data-data yang diperoleh dari, penafsiran ahli tafsir yang didukung dengan hadits-hadits yang relevan dan sumber data yang dijadikan sebagai alat bantu dalam menganalisis masalah yang muncul, yaitu buku-buku yang ada relevansinya dengan pembahasan. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tahlili dan metode analisis isi (content analisis), metode tahlili yaitu metode yang menjelaskan ayat al-Qur?an dengan meneliti berbagai aspeknya dan meyikapi seluruh maksud yang dikandung, sedangkan analisis isi (content analisis) yaitu suatu teknik penyelidikan yang berusaha untuk menguraikan secara objektif, sistematik. Selain itu juga menggunakan metode pemaknaan kontekstual, yaitu mendudukan keterkaitan antara yang sentral dengan yang perifer adalah terapannya. Yang sentral adalah studi tentang ayat-ayat Qur?aniyah dan yang perifer adalah studi ayat-ayat kauniyah (bukti-bukti dalam kehidupan manusia dan alam). Ketiga metode ini digunakan dalam mengumpulkan data-data dari al- Qur?an, buku-buku atau tulisan-tulisan lain yang berhubungan dengan pembentukan akhlak anak yang bersifat umum untuk dianalisis dengan tujuan mengambil kesimpulan yang bersifat khusus. Adapun jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa pembentukan akhlak anak menurut surat Luqm?n ayat 12-19 yang meliputi : tujuan pembentukan akhlak anak agar anak mempunyai akhlaqul karimah yang tinggi. Materi pendidikannya terdiri dari pendidikan aqidah, pendidikan birrul walidain, pendidikan salat, pendidikan amar ma?ruf nahi mungkar, dan pendidikan budi pekerti. Metode yang digunakan adalah metode pembiasaan dan keteladanan