Pengaruh penggunaan metode pembelajaran peta konsep terhadap hasil belajar PAI (Studi Kasus pada Kelas IV SDN Neglasari 1 Kota Tangerang)

Main Author: Rusmiati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang diangkat dalam penulisan skripsi ini adalah: apakah terdapat pengaruh positif penggunaan metode pembelajaran peta konsep terhadap hasil belajar PAI pada kelas IV SDN Neglasari I Kota Tangerang? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengungkapkan sejauh mana pengaruh penggunaan metode pembelajaran peta konsep terhadap hasil belajar PAI siswa kelas IV SDN Neglasari I Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Keempat tahap ini merupakan siklus yang berlangsung secara berulang-ulang. Pada penellitian ini siklus yang dilakukan penelititi berhenti pada siklus ketiga. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa, metode pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat pada setiap siklus yang dilakukan peneliti, yaitu; Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 65,39 dan yang mencapai KKM (75) hanya 10 siswa dari 38 siswa atau sebesar 26,3%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,34 dan yang mencapai nilai KKM (75) adalah 23 siswa dari 38 siswa atau sebesar 60,5 %.Pada siklus III nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83,94 dan yang mencapai nilai KKM (75) adalah 32 siswa atau sebesar 84.3%.