Upaya meningkatkan kemampuan guru melalui KKG BERMUTU di Kadudampit Sukabumi (studi deskripsi di KKG Gugus 2 Kadudampit Kabupaten Sukabumi)

Main Author: Taufikurrohman
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Guru yang memiliki kompetensi profesional sebagai agen pembelajaran harus bertugas merencanakan, melaksanakan pembelajaran, dan menilai hasil belajar untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Kemampuan guru dalam memiliki kompetensi profesional harus selalu dikembangkan sesuai dengan perkembangan kurikulum dan perkembangan masyarakat. Kondisi di lapangan ternyata masih ada di antara guru yang belum mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan di atas melalui penelitian ini diharapkan guru berupaya meningkatkan kompetensi profesional dalam proses pembelajaran dan senantiasa menjadi inovator pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru melalui KKG BERMUTU di KKG Gugus 2 Kadudampit Kabupaten Sukabumi. Kelompok Kerja Guru (KKG) di Kadudampit, khususnya KKG Gugus 2 Kadudampit merencanakan untuk lebih meningkatkan peran dan fungsinya sebagai wadah pembinaan profesional guru. Metode penelitian yang digunakan peneliti untuk memecahkan masalah penelitian menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif, karena bertujuan untuk membuat gambaran mengenai fakta-fakta dan sifat sampel penelitian secara sistematis, logis, faktual, dan akurat tentang kejadian-kejadian atau pekerjaan yang kini sedang berlangsung. Program KKG BERMUTU di KKG Gugus 2 Kadudampit UPTD Pendidikan Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi telah melaksanakan sesuai dengan program dan dapat terlaksana dengan baik. Adapun hasil-hasil yang telah dicapai adalah guru dapat memperoleh pengetahuan meneliti; memperoleh pengetahuan dan keterampilan berbagai pendekatan dan pembaharuan dalam pembelajaran sehingga ada peningkatan profesionalisme kinerja guru; peningkatkan serta pengembangkan kompetensi profesional, paedagogik, kepribadian, dan sosial; peningkatkan mutu proses pembelajaran dengan menerapkan metode/model/media/sumber yang tercermin dari keaktifan siswa pada setiap proses pembelajaran; peningkatan kemampuan dan pengalaman menggunakan metode/model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) yang PAIKEM serta keterampilan ICT di kelas yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik; menghasilkan produk PTK untuk membantu memperoleh angka kredit untuk kenaikan pangkat, peningkatan kualifikasi akademik guru dan persiapan guru menghadapi proses sertifikasi; dan mampu melaksanakan proses PKG dan PKB