Penerapan metode demonstrasi guna meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran fikih: Penelitian Tindakan Kelas di kelas IX semester genap Madrasah Tsanawiyah Ad-Da'wah Jakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Robiatul Adawiyah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran fiqih. Sebab, berdasarkan hasil observasi di kelas IX MTs Ad-Da?wah menunjukkan adanya kepasifan siswa dalam pembelajaran fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dan peningkatan keaktifan belajar siswa kelas IX semester genap MTs Ad-Da?wah Jakarta tahun ajaran 2012/2013 melalui penerapan metode demonstrasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya yaitu seluruh siswa kelas IX MTs Ad-Da?wah Jakarta tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 23 siswa, sedangkan objek penelitiannya adalah keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian menunnjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya keaktifan belajar siswa yang meliputi 1) Mendemonstrasikan atau memperagakan materi disertai penjelasan di hadapan para siswa pada tindakan siklus I sebanyak 4 siswa (17,23%), pada tindakan siklus II sebanyak 6 siswa (28,57%), pada tindakan siklus III sebanyak 12 siswa (57,14%) 2) Bertanya pada tindakan siklus I sebanyak 6 siswa (26,08%), pada tindakan siklus II sebanyak 8 siswa (38,09%), pada tindakan siklus III 14 siswa (66,66%)3) Mengemukakan Pendapat pada tindakan siklus I sebanyak 5 siswa (21,73%), pada tindakan siklus II sebanyak 8 siswa (33,33%), dan pada tindakan siklus III sebanyak 12 siswa (57,14%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih kelas IX materi tata cara pengurusan jenazah dapat meningkatkan keaktifan siswa