Pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif dengan teknik Collage Ball terhadap hasil belajar PAI Siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 35 Jakarta

Main Author: M. Fairuz Iklilah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan proses perubahan prilaku akibat dari pembelajaran, pengalaman dan latihan. Proses pendekatan pengajaran terbaik yang dapat kita berikan kepada anak didik kita adalah suatu proses pembelajaran yang diawali dengan menggali dan mengerti kebutuhan anak didik. Salah satunya pembelajaran dengan teknik Collage Ball digunakan untuk mengevaluasi keluasan materi yang telah dikuasai peserta didik dan berfungsi untuk menguatkan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif dengan teknik Collage Ball terhadap Hasil Belajar PAI siswa kelas VII. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 26 September sampai dengan 28 November tahun ajaran 2012. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonrandomized control group pretespostes Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan teknik Collage Ball. Sedangkan kelas kontrol diajarkan dengan metode ceramah. Hasil Penelitian pretes terlihat bahwa siswa kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata adalah 44,9 dan kelas kontrol sebesar 45,4. Sedangkan hasil penelitian postes terlihat bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen menunjukkan sebesar 70.975 dan nilai rata-rata kelas kontrol menunjukkan sebesar 62,525. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel , Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,74 dan ttabel = 1,99. Maka dapat dinyatakan bahwa thitung > ttabel sehingga Ho diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor postes kelompok eksperimen dengan rata-rata skor postes kelompok kontrol. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Aktif Teknik Collage Ball, Hasil Belajar